Selasa, 09 Desember 2014

Cara Membuat Rangkaian Seri


mungkin seringkali dianggap sulit oleh sebagian orang. Padahal kenyataannya membuat rangkaian seri lebih mudah ketimbang membuat rangkaian paralel yang memang lebih rumit. Untuk sekedar informasi saja, rangkaian seri merupakan salah satu jenis dari rangkaian listrik yang disusun secara sejajar dimana komponen-komponen dipasang secara berurutan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa rangkaian seri memiliki susunan yang berurutan. Rangkaian seri biasanya diterapkan pada gedung-gedung besar, macam perkantoran, kampus, dan juga hotel. Terdapat beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan kalau anda menggunakan rangkaian seri. Misalnya saja, rangkaian seri dikenal lebih praktis dan mudah ketika digunakan. Kepraktisan tersebut juga terdapat pada cara pembuatan dari rangkaian seri.

Berikut ini Gambar Skema Cara Membuat Rangkaian Seri

Cara Membuat Rangkaian Seri
Tanpa menunda-nunda lagi, mari segera kita bahas mengenai cara dari pembuatan rangkaian seri. Pertama-tama, jangan lupa untuk menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Anda akan membutuhkan, 4 buah tempat baterai isi, papan triplek, batu baterai sebanyak 4 buah dan 3 buah lampu bohlam. Masih ada lagi bahan dari cara membuat rangkaian seri. Yaitu, tempat lambu bohlam yang juga dikenal sebagai viting sebanyak 4 buah, 1 buah saklar, kabel kecil secukupnya, isolasi hitam dan bening. Untuk alat-alatnya mudah saja dan tidak memerlukan alat-alat yang mahal dan susah dicari. Anda cukup menyiapkan gunting serta cutter saja untuk memulai membuat rangkain seri.
Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah, pasang 4 batu baterai tersebut ke dalam tempat batu baterai. Kemudian, jangan lupa untuk mengkupas sedikit masing-masing dari ujung kulit kabel. Langkah yang selanjutnya, lilitkan ujung kulit kabel ke salah satu ujung dari saklar. Kemudian, lilitkan juga ujung kulit kabel yang lain ke tengah saklar. Lalu, lilitkan pula kabel pada ujung-ujung dari lampu bohlam. Jangan lupa untuk mengupas sisi-sisi tengah kabel pada rangkaian lampu bohlam pertama. Lakukanlah langkah yang ke 4 dan ke 5 sebanyak 2 kali berturut-turut. Kalau anda sudah melakukan percobaan tersebut, maka jangan lupa untuk menutup saklar sehingga lampu bohlam pada rangkaian tersebut bisa menyala.
Demikianlah penjelasan singkat mengenai cara membuat rangkaian seri, semoga permbahasan kita kali ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua. Baca juga artikel menarik lainnya, seperti Rangkaian Listrik Paralel, Rangkaian Adaptor dan Rangkaian Listrik Seri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar