Selasa, 02 Desember 2014

Rangkaian Lampu Malam Otomatis

Rangkaian Lampu Malam Otomatis adalah rangkaian elektronika yang memungkinkan dapat menyalakan dan mematikan lampu secara otomatis. Beda dengan lampu pijar biasa yang bisa menyala kalau saklarnya diaktifkan.  Rangkaian ini cocok buat Anda yang tergolong manusia super sibuk yang kadang lupa atau tidak sempat untuk sekedar menekan saklar/stop kontak.  Malam memang mengharuskan kita menyalakan lampu listrik karena sinar matahari tidak bersinar lagi.  Dengan lampu listrik ini kita sedikit banyaknya terbantu, terutama dalam urusan penerangan di malam hari.
Rangkaian Lampu Malam Otomatis ini bisa mengatasi masalah Anda yang seringkali telat atau lupa menyalakan lampu listrik pada waktu malam hari atau mematikannya pada waktu pagi hari. Hal ini bisa terjadi karena orang yang bersangkutan sedang tanggung mengerjakan sesuatu atau kelelahan setelah beraktivitas. Sekarang zamannya serba otomatis, untuk itu menyalakan dan mematikan lampu listrik pun bisa dengan cara otomatis. Selain menghemat waktu, juga menghemat energi lho. Di bawah ini silakan Anda lihat dan pelajari gambar skema Rangkaian Lampu Malam Otomatis.

 Gambar Skema Rangkaian Lampu Malam Otomatis
Inilah daftar komponen yang diperlukan :
R1    = Photo resistor
R2    = 100K
R3    = 200K Trimmer Cermet
R4,R7 = 470R
R5    = 12K
R6    = 1K
C1    = 10nF   63V
D1    = TIC106D   400V 5A SCR
D2-D5 = 1N4007  1000V 1A Dioda
Q1    = BC327    45V 800 mA Transistor PNP
Q2    = BC337    45V 800 mA Transistor NPN
SK1
PL1
Dengan Rangkaian Lampu Malam Otomatis ini bisa menyalakan lampu listrik ketika matahari tenggelam dan mematikan lampu listrik ketika matahari akan terbit (fajar menyingsing). Q1 dan Q2 membentuk pemicu (striger) untuk SCR, selanjutnya menyediakan pulsa pendek pada frekuensi 100 Hz. Durasi pulsa ditentukan oleh R2 dan C1. Ketika cahaya mengenai R1, photo resistor mengasumsikan nilai resistansi sangat rendah, C1 hampir korslet dan mencegah sirkuit beroperasi. Bila R1 dalam gelap, nilai resistansinya menjadi sangat tinggi sehingga memungkinkan rangkaian beroperasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar