Selasa, 09 Desember 2014

Rangkaian Subwoofer untuk Mobil

PCB Layout Rangkaian Subwoofer untuk Mobil dengan Catudaya 12 Vol
Banyak sekali yang menanyakan kepada saya tentang rangkaian subwoofer mobil. Pada dasarnya mobil hanya memiliki catu daya dari aki sebesar 12 volt. Sedang filter subwoofer / low pass filter (LPF) biasanya menggunakan IC op-amp yang harus mendapatkan power supply simetris. Maka harus dibuatkan rangkain semu dari 12 volt menjadi catudaya simetris, untuk memberi daya pada rangkain filter maupun power amp untuk subwoofer.


Pada rangkain subwoofer untuk mobil yang saya sediakan disini menggunakan IC op-amp TL074/ TL084 sebagai basis low pass filter nya. Sedang bagian power amplifiernya menggunakan IC TDA2030 atau TDA2040/TDA2050. Jadi rangkaian subwoofer ini hanya menghasilkan daya sebesar 12 watt untuk TDA2030 dan sekitar 20 watt sampai 30 watt untuk yang menggunakan IC TDA2040/ TDA2050.

Daya yang dihasilkan subwoofer ini memang kecil. Tidak disarankan bagi anda yang menyulai SPL (Sound Pressure Level), namun sudah cukup baik untuk mereka yang menyukai SQ (Sound Quality). Jadi pilihan kembali kepada anda. Bila anda menyukai SPL maka lebih baik anda membeli power amp yang sudah jadi dan bisa menggunakan rangkain LPF ini.

Sedang anda yang menyukai SQ, saya rasa rangkain ini sudah cukup untuk mengangkat nada rendah yang tak bisa di reproduksi oleh sound system standar di mobil anda.

Dengan menambahkan subwoofer di mobil maka anda tak perlu lagi memutar volume suara keras-keras untuk mendapat bass. Dengan cara ini maka anda bisa menikmati musik 3D (Tiga Dimensi) dan tidak melelahkan telinga.

Bila dengan satu IC TDA dirasa belum cukup nendang maka anda bisa ambil BTL atau parallel IC TDA2040/ TDA2050.

Jadi anda punya tiga pilihan:
- Ambil LPF / filternya saja untuk mereka yang suka SPL (PCB-nya Rp. 15.000,-)
- Pakai standar LPF/ filter sekaligus power amplifier (PCB-nya Rp. 20.000,-)
- Pakai standar dengan power amp BTL/ parallel untuk yang ingin SQ dan lebih bertenaga (PCB-nya Rp. 30.000,-)

Untuk box atau kotak subwoofer nya telah banyak saya ulas sebelum nya. Silakan pilih sendiri, ada 6th Order Ripol, model Pioneer, atau jenis 4th order.

Oh ya... power subwoofer diatas idela untuk mendorong woofer antara 6 hingga 8 inchi.

1 komentar: