Selasa, 09 Desember 2014

Merakit Integrate Power Amplifier TDA2822 Sederhana

Kit integrated power amplifier TDA2822
Setelah meluangkan waktu kerja, akhirnya saya bisa menulis hasil saya membuat power amplifier kecil yang mudah dan praktis dibawa kemana-mana. DIY audio saya ini akan saya kasih nama ATMA-1 yaitu sebuah power amplifier dengan basis IC TDA2822.


Untuk lebih detailnya silakan lihat rangkaian circuit diagram integrated power amplifier TDA2822 yang saya desain berdasarkan datasheet TDA2822 dari ST electronics

Rangkain mini integrated amplifier ini sudah dilengkapi dengan loudness
Sekaligus saya telah membuat layout PCB-nya dengan berdasarkan prinsip star-grounding yang telah saya bahas sebelumnya, untuk mendaptkan amplifier mini dengan kualitas suara terbaik yang bebas dari noise, hum, dan cacat audio yang sangat mungkin terjadi bila kita membuat layout PCB sembarangan.

PCB layout amplifier TDA2822 menggunakan filosofi star-grounding untuk memaksimalkan audio-quality
Hasilnya bagaimana? Mini amplififier ini ternyata memiliki kualitas yang cukup baik. Rupanya benar-benar kecil-kecil cabe rawit. Dengan desain layout PCB yang saya rancang seperti yang dapat anda lihat di atas. Kualitasnya suara yang dihasilkan cukup jerih, bebas dari hum dan noise saat saya coba menggunakan input dari laptop.

Ternyata layout PCB amplifier dengan menggunakan filosofi star-ground benar-benar bermanfaat untuk menghindari distorsi suara. Hindari looping-grounding dan usahakan star-grounding.

Saya mencoba menikmati "Wonderful Tonight" suaranya Eric Clapton benar-benar terasa jernih. Suara bass dan trebble direspon cukup baik. Saya memakai file MP3 320kbps.

Oh ya... bila anda tidak mendapatkan IC TDA2822 maka bisa menggantinya dengan KA2209 dari Samsung electronics.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar